Saturday, October 3, 2015

TOU1 : Manajemen, Organisasi & Tata Kerja

Manajemen, Organisasi & Tata Kerja
(Management, Organization, & Work Procedure)



Untuk penjelasan tentang Organisasi dan Manajemen bisa dilihat disini TOU1 : Organisasi dan Manajemen

Tata Kerja

Merupakan suatu pembentukan sebuah struktur kerja yang disusun dengan membentuk badan utama yang bertugas membuat batas-batas bagian dari sebuah organisasi atau anggota kelompok dan mempertimbangkan berbagai aspek-aspek yang penting seperti waktu, tenaga kerja, fasilitas dan yang lain nya agar tercapai nya sebuah tujuan yang efisien,

Hubungan Manajemen dan Tata Kerja

Manajemen dan Tata Kerja merupakan faktor utama dalam tercapai nya target, seperti manajemen yang teroganisir dan tata kerja yang terencana dengan baik akan mampu menyelesaikan pekerjaan sesuai target yang ditetapkan dan tepat.

Dengan tata kerja yang tepat mengandung arti bahwa proses kegiatan pencapaian tujuan sudah dilakukan secara ilmiah dan praktis, disamping itu pemakaian tata kerja yang tepat pada pokoknya ditujukan untuk :
  • Menghindari terjadinya pemborosan di dalam penyalahgunaan sumber-sumber dan waktu yang tersedia.
  • Menghindari kemacetan-kemacetan dan kesimpangsiuran dalam proses pencapaian tujuan.
  • Menjamin adanya pembagian kerja, waktu dan koordinasi yang tepat.

Jadi hubungan antara manajemen dan tata kerja dapat dilukiskan :
  • Manajemen : Menjelaskan perlunya ada proses kegiatan dan pendayagunaan sumber-sumber serta waktu sebagai factor-faktor yang diperlukan untuk pelaksanaan kegiatan demi tercapainya tujuan.
  • Tata Kerja : Menjelaskan bagaimana proses kegiatan itu harus dilaksanakan sesuai dengan sumber-sumber dan waktu yang tersedia.

Hubungan Manajemen, Organisasi, dan Tata Kerja

Hal ini tentang bagaimana caranya seorang manager memanajemen bawahannya melalui beberapa proses perancaan, seperti yang dikatakan Mary Parker Follet manajer harus mempersiapkan proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya. Lalu sekarang pembagian tugas yang diberikan ke organisasi, untuk mendapatkan  hasil yang baik dengan cara bekerja sama, dan perencanaan tata kerja harus mencapai tingkat efesien dan maksimal.

Eratnya hubungan atau hubungan timbal balik antara ketiga hal tersebut adalah sebagai berikut :
  • Manajemen : Proses kegiatan pencapaian tujuan melalui kerja sama antar manusia.
  • Organisasi : Alat bagi pencapaian tujuan tersebut dan alat bagi pengelompokkan kerja sama.
  • Tata kerja : Pola cara-cara bagaimana kegiatan dan kerjasama tersebut harus dilaksanakan sehingga tujuan tercapai secara efisien.

Referensi :

Stephen P. Robbins, Teori Organisasi,Arcan
https://sites.google.com/site/manajemendanorganisasi/
http://kanissaputri.blogspot.co.id/2013/10/manajemen-dan-tata-kerja.html
http://bangbiw.com/pengertian-tentang-organisasi-manajemen-dan-tata-kerja/
https://maghfieggy.wordpress.com/2014/10/16/hubungan-antara-manajemen-organisasi-dan-tata-kerja/

No comments:

Post a Comment